Hati-Hati, Pipi Bengkak Mungkin Pertanda Penyakit Berbahaya!

Hati-Hati, Pipi Bengkak Mungkin Pertanda Penyakit Berbahaya!


Pipi Bengkak biasa disebabkan oleh gangguan pada kelenjar ludah untuk menghasilkan tugas air liur. Air liur adalah apa yang penting dalam membantu bisnis di mulut, seperti membantu menelan, membantu mencerna makanan, melindungi melumasi mulut dan gigi dari bakteri.


Pipi Bengkak Mungkin Pertanda Penyakit Berbahaya


Singkatnya, gangguan kelenjar ludah yang disebabkan oleh obstruksi, infeksi, peradangan, atau bahkan tumor. Gejala terlihat dalam masalah kelenjar dah lu akan bervariasi, ada yang berulang, akut (jangka pendek) atau (jangka panjang) kronis.


Air liur tidak cair sederhana, melainkan campuran air, minyak, elektrolit, enzim, dan senyawa anti-mikroba. Untuk melindungi semua zat ini dalam satu dan memberikan lindung nilai terhadap masalah kaki dan gigi.


Ada tiga pasang kelenjar ludah, yaitu:




  • Parotis (di bagian dalam pipi)

  • kelenjar submandibular (di dasar mulut)

  • kelenjar sublingual (di bawah lidah)


Selain tiga pasang kelenjar, ada kelenjar lebih kecil. Ada ratusan kelenjar kecil yang tersebar di seluruh bagian mulut dan tenggorokan.


Jika ada masalah dengan kelenjar ludah, Anda memiliki demam, mulut kering, sakit, merasa tidak sehat saat makan, dan pembengkakan kelenjar liur, sehingga memungkinkan untuk munculnya pipi bengkak.



Penyakit yang menyebabkan pipi bengkak


Jika Anda mengalami pipi bengkak, ada kemungkinan bahwa masalah dengan kelenjar ludah. Berikut adalah beberapa penyakit yang berhubungan kelenjar ludah yang dapat menyebabkan pipi Anda membengkak untuk itu.




  • infeksi


Pernah mendengar tentang gondok? Penyakit ini disebabkan oleh infeksi paramyxovirus yang mempengaruhi kelenjar ludah. Karena posisinya di pipi, maka ini akan menyebabkan kelenjar bengkak terlihat pipi bengkak. Pembengkakan bisa kedua belah pihak yang menimbulkan seperti ide tupai pipi (pipi tupai) terjadi.




  • Sialoliths


Dalam keadaan ini, air liur akan mengkristal. Air liur yang sudah keras itu dapat menghambat aliran saluran air liur yang memproduksi. Oleh karena itu, pembengkakan dan rasa sakit dapat menyebabkan yang datang tanpa ketidakpastian. Biasanya kondisi ini sering mempengaruhi kelenjar submandibular. Tapi beberapa kasus juga dapat menyerang kelenjar ludah juga menyebabkan pembengkakan pada daerah yang terkena.




  • sialadenitis


Juga infeksi kelenjar ludah. Masalah ini terjadi karena kelenjar ludah memiliki infeksi bakteri. Dari tiga kelenjar ludah, kelenjar parotid adalah infeksi bakteri yang paling umum. Hal ini juga meningkatkan risiko pada pasien sialoliths. Kondisi ini dapat membawa benjolan penyebab kelenjar, dan bahkan nanah. Jika dibiarkan sialadenitis tidak diobati, bisa menjadi suhu tinggi, menyebabkan kumpulan nanah, dan menyebabkan sakit parah di samping pipi bengkak, infeksi kelenjar ludah.




  • Tumor


Kadang-kadang pembengkakan pada kelenjar ludah adalah tanda-tanda pertumbuhan tumor. Tumor ini dapat menjadi ganas (maligna) atau jinak (bukan kanker). jenis tumor yang paling umum mempengaruhi tumor kelenjar ludah adalah adenoma pleomorfik dan Warthin. Kedua tumor sering mempengaruhi kelenjar ludah, tetapi juga dapat mempengaruhi kelenjar ludah submandibular dan minor.



Pipi bengkak juga bisa disebabkan oleh sakit gigi


Sakit gigi adalah keluhan umum. Namun, keluhan menetap atau sakit yang tak tertahankan mungkin menunjukkan bahwa telah terjadi masalah serius. gejala sakit gigi tidak hanya terbatas pada gigi mengetuk dan nyeri, tetapi juga dapat disertai dengan gejala lain seperti nyeri saat mengunyah, sensitif terhadap dingin atau panas, pembengkakan di sekitar gigi atau rahang atau pipi.


Bagi Anda yang menderita pipi bengkak, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter karena ukuran tumbuh tidak harus dibiarkan pipi, berharap untuk pulih dengan sendirinya.


Baca Juga :


Ini Dia Ragam Rehabilitasi Medik


Penyembuhan Pada Penyakit Jantung Bocor Sejak Lahir


Normalkah Bayi ASI Jarang BAB?


Posted by : Abdul Syukur - Obat Jantung Bocor, Sabtu 15 April 2017 10:45:52


Facebook Comment